Friday, January 25, 2013


thumbnail

Jakarta - Sebuah truk bermuatan keju cokelat Norwegia atau brunost terbakar di salah satu terowongan Norwegia. Penyebab utama kebakaran itu adalahbrunost dalam jumlah besar yang ternyata mudah terbakar saat berada dalam suhu panas.

Sekitar 27 ton brunost terbakar saat sedang diangkut melalui terowongan Brattli di Tysfjord, Norwegia Utara, pekan lalu. Walaupun tidak menelan korban jiwa, kobaran api besar ini membuat terowongan tersebut mengalami kerusakan parah. 

Menurut petugas, kobaran api bertahan selama lima hari dan melepaskan gas beracun yang memperlambat operasi pemadaman. Terowongan yang dikatakan mengalami kerusakan parah, akan ditutup selama beberapa minggu ke depan.

"Kita tidak bisa masuk ke dalam terowongan sampai benar-benar dinyatakan aman," kata ahli geologi Viggo Aronse kepada sebuah televisi Norwegia, NRK (25/01/2013).

Walaupun hal ini tidak wajar ditemui, ada sebuah penjelasan ilmiah mengenai kebakaran yang disulut oleh keju kambing yang dikaramelkan ini. Petugas kepolisian, Viggo Berg mengatakan brunost mempunyai kandungan lemak hingga 30 persen dan mengandung gula lebih banyak dari keju lainnya. Kedua kandungan bahan ini dapat memicu kebakaran. 

Pengemudi truk telah menyadari kebakaran di trailernya dan segera meninggalkan truk tersebut sekitar 300 m dari pintu masuk selatan. Kjell Bjoern Vinje dari Norwegian Public Roads Administration menyatakjan kejadian tersebut merupakan yang pertama kali di jalanan Norwegia. "Saya tidak tahu bahwa keju cokelat bisa terbakar sampai seperti itu," tambah Kjell.

Sumber: detik.com
Categories:
Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!