Tuesday, November 27, 2012

Smartphone, pembunuh kamera?

Fitur kamera pada smartphone sudah semakin berkembang. Bahkan bisa jadi smartphonedapat mengakhiri industri kamera digtal.
Kualitas kamera smartphone semakin meningkat. Hasil foto dari iPhone 5 dapat disejajarkan dengan hasil kamera digital saku pada umumnya. Namun iPhone memiliki berbagai kelengkapan yang tak dimiliki kamera digital biasa. iPhone dilengkapi GPS, WiFi dan fitur lain yang membuat aktifitas mengambil gambar menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Keunggulan smartphone dibanding kamera digital tak hanya terbatas pada iPhone. Berbagaismartphone Android dan Windows Phone 8 juga dilengkapi berbagai fitur kamera yangpowerful.

Era berakhirnya penjualan kamera digital sudah mulai terlihat. Menurut informasi Taipei Times (24/11), angka penjualan kamera digital pada bulan September 2012 turun 42 persen dibanding bulan yang sama tahun lalu.

Namun bukan berarti kamera digital akan tergerus dengan mudah. Penjualan kamera kelas tinggi dengan lensa yang dapat dilepas seperti Canon EOS hanya turun 7,4 persen. Hal ini menandakan smartphone masih belum dapat mengungguli kamera SLR (Single Lens Reflect) yang memiliki kelebihan dapat diatur ukuran lensanya sesuai kebutuhan.

Namun pada segmen kamera digital ukuran kecil, penggerogotan oleh smartphone tak terelakkan. Hal ini menandakan dimulainya era kamera digital.

Bagaimana pendapat Anda?
[ikh]
Merdeka.com
Categories:
Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!