Wednesday, May 29, 2013

Setelah beberapa lama meneliti kemungkinan adanya penularan flu burung H7N9 antar manusia, peneliti di Amerika dan China menemukan bahwa hal tersebut memang mungkin terjadi. Virus flu burung langka H7N9 bisa ditularkan antara mamalia tak hanya melalui kontak langsung, tetapi juga melalui udara. Selain itu, virus ini juga berkemungkinan ditularkan antar manusia.
Sebuah penelitian yang dilakukan pada ferret (hewan sejenis musang) menunjukkan bahwa ferret yang diletakkan dalam satu kandang dengan ferret yang terinfeksi virus H7N9 bisa tertular. Satu dari tiga ferret yang diletakkan dalam kandang berbeda namun berdekatan juga bisa terinfeksi melalui udara.
"Penemuan ini menunjukkan adanya kemungkinan bahwa virus ini terus berkembang dna berevolusi hingga sekarang bisa menyebar dan menular antar mamalia dan manusia," ungkap tim peneliti yang dipimpin oleh Yi Guan, seperti dilansir oleh Reuters (24/05).
Virus ini juga bisa menginfeksi babi, namun tidak bisa ditularkan antar babi atau dari babi ke hewan lainnya. Meski begitu, peneliti terus melihat apakah ada kemungkinan virus akan bermutasi.
WHO yang sebelumnya tak menemukan adanya bukti bahwa H7N9 bisa ditularkan kini mengingatkan masyarakat akan bahayanya virus yang bisa menyebar ini. Meski begitu, WHO mengakui bahwa penemuan ini sangat berguna.
"Penelitian semacam ini sangat berguna untuk menambahkan pengetahuan umum. Sangat berguna juga mengetahui bahwa virus ini bisa menular antar manusia," ungkap gregory Hartl, juru bicara WHO.
H7N9 menunjukkan tanda-tanda yang lemah pada ferret, berdasarkan penelitian ini. Semua hewan yang terinfeksi virus menunjukkan gejala tak lebih dari tujuh hari, dan semuanya telah berhasil sembuh.
Ahli di PBB menjelaskan bahwa serangan virus flu burung langka di China ini telah menyebabkan kerugian secara ekonomi bagi pemerintah China sebesar USD 6,5 miliar (sekitar Rp 63,4 triliun). Hingga saat ini H7N9 diperkirakan telah menyerang 131 orang di China dan satu orang di Taiwan.
sumber: merdeka.com
Categories: , , ,
Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!